Bebek mas Kus

Menambah deretan cafe bebek di Bandung, tanggal 6 juni kemarin baru dibuka cafe yang menjual bebek sebagai menu unggulannya. Dengan “trademark” bebek muda sebagai daya tariknya, cafe mas Kus ini menampilkan hanya 2 pilihan menu bebek. Bebek goreng dan bebek bakar. Tidak “neko-neko” emang pilihan menunya. Tapi patut dicoba dech bebek mas Kus ini. Dari pada banyak pilihan menu bebek tapi tidak satu pun rasanya yg pas seperti salah satu cafe bebek yg terkenal di Bandung.

Oh Iya lokasi Bebek mas Kus terletak di jalan Ciliwung deket bunderan yang mau ke jalan bengawan. Tepatnya pas di pojokan jalan Ciliwung. Lokasinya cukup nyaman. Tempat makan di luar dengan semilir angin yang sejuk. Selain itu area sekitar cukup teduh karena banyak pepohonan. Satu kekurangannya yaitu tempatnya kecil. Mudah-mudahan kalo sudah maju cafe ini bisa memperbesar area makannya.



Bebek mas Kus ini, sesuai dengan tulisan di cafenya daging bebeknya memang empuk banget. Bumbunya juga meresap. Dan yang paling menambah maknyusnya adalah sambelnya bok! Satu paket bebek (bakar/goreng) berisi nasi hangat yang empuk banget, 1 potong bebek, lalap, dan 2 jenis sambal (sambal merah dan sambal ijo).



Mas Kus yang bertopi biru

Kami makan siang di situ dan kebetulan mas Kusnya lagi ada di situ:)

Sukses buat mas Kus !

Eh Makasih diskonnya 🙂

Berbagi Itu Indah

Sudah lama nih saya tidak posting. Ternyata susah menyisihkan waktu untuk menulis. Dalam tulisan saya akan berbagai pengalaman tentang indahnya berbagi.

Berbagi itu indah. Membantu dan berbagi kepada orang lain mempunyai kebahagian tersendiri. Melihat orang lain bisa tersenyum dan bahagia karena kita bantu mempunyai ‘sensasi’ yang luar biasa. Ada rasa haru campur senang karena bisa membantu orang lain.

Berbagi kuncinya adalah ikhlas. Jangan mengharapkan balasan dari orang yang kita beri atau kita bantu. Jika ikhlas yang kita pegang insya Allah akan merasakan kepuasan tersendiri. Insya Allah, hanya Allah lah yang akan membalas semua kebaikan kita terhadap orang lain.

Saya masih ingat cerita anak kecil di musibah tsunami Jepang yang memperoleh makanan tapi dia tidak memakannya. Dia malah memberikan ke anak lain yang mungkin lebih membutuhkan dari dia. Subahanallah! Kita khususnya saya mestinya malu. Bagaimana dengan kita?

Untuk berbagi tidak perlu kaya dulu. Apa yang bisa kita berikan buat orang lain mempunyai nilai khusus di mata Allah azza wazala.
Jangan takut miskin hanya karena kita suka berbagi sama orang lain. Insya Allah, Allah akan membalas dari pintu yang tidak diduga-duga. Ini bukan perdagangan dengan Allah. Tapi janji Allah tidak pernah bohong akan hambanya.

Alangkah indahnya apabila di sekeliling kita atau di masyarakat kita hidup subur berbagi terhadap sesama. Mungkin tidak ada lagi pengemis yang datang ke rumah kita. Tidak ada lagi anak-anak jalanan.

Di kantor saya punya komunitas yang bernama Ir-one’s Addict. Ir-one’s dari plesetan nama saya. Komunitas ini sebenarnya kumpulan yang mempunyai hobi yang sama, yaitu film, kuliner, travelling, dan tetap semangat dalam hal dan kondisi apapun. Di komunitas itu saya tularkan yang namanya berbagi dalam kelompok kecil itu. Komunitas itu bagaikan keluarga kedua bagi mereka. Jika ada dari anggota komunitas yang mengalami kesulitan, anggota lain wajib membantunya. Kalo perlu menggalang dana di unit kerja masing-masing.

Di bulan yang penuh berkah dan ampunan ini, alhamdulillah saya mendapatkan 3 proyek kecil dalam waktu yang bersamaan. Saya tidak mungkin mengerjakannya sendiri. Saya tidak boleh serakah. Saya tidak perlu meng-karya-kan istri saya hanya untuk mendapatkan semua uang dari proyek-proyek itu. Memang yang namanya uang syahwatnya tinggi.
Saya bagi proyek ini sama temen yang memang membutuhkan. Saya bisa melihat rasa senang di wajahnya. Berbagi itu indah 🙂
Terima kasih ya Allah telah menjaga hati ini dari sifat tamak dan serakah.

Dalam bulan suci yang penuh keberkahan ini, yuk kita saling berbagi !

Tunjangan Gayus

Seperti biasa tiap tahun di awal bulan di  kantor dibagikan form isian pajak. Sebelumnya formnya rada ribet, banyak kolom-2 yang mesti diisi dan kolom-kolom yang diisi dari hasil perhitungan dari inputan pendapatan karyawan per tahun. Saking ribetnya ada yang  berinisiatif membuat programnya dengan excel. Tinggal masukkan nama, no NPWP, dan keterangan identitas karyawan lainnya, dan satu inputan pendapatan karyawan setahun, semua kolom isian otomatis langsung  terisi.

Ada yang berbeda dengan form isian pajak sekarang (tahun 2010 ini). Ada dua kelompok form isian. Kelompok dengan penghasilan tinggi dan kelompok dengan penghasilan rendah. Untuk kelompok penghasilan rendah form isian pajak hanya disuruh mengisi identitas karyawan dan harta/hutang di tahun itu.

Ada temen nyeletuk, “eh ada kolom baru di form isian pajak !” .  “Emang apa ?”  tanyaku. Kolom Tunjangan Gayus. Wakakakak semua temen di ruanganku pada ngakak 😀

Festival Keanekaragaman Makanan Khas Jawa Barat

Hari Minggu kemarin, hari-2 mengajak jalan-2 keluarga. Paginya ke Gasibu, sarapan, beli penganan, dll. Setelah puas jalan-2 di Gasibu, saya  melanjutkan jalan-2 ke Ciwalk. Di sana ada acara Festival Keanekaragaman Makanan Khas Jawa Barat.

Festival yang berlokasi di dalam gedung Ciwalk lantai dasar, menyajikan berbagai macam makanan khas daerah-2 di Jawa Barat. Ada dari Kota Cimahi yang menawarkan cemilan dan minuman mullberry. Dari Garut, selain terkenal dodol garutnya ada juga minuman seduh kacang hijau. Kacang hijaunya kualitas tinggi dengan kadar airnya paling rendah dibanding kacang hijau impor. Khasiatnya untuk melancarkan pencernaan, membantu memulihkan stamina, dll. Dari bekasi sedikit unik, yaitu sosis bandeng. Rasanya yummy banget. Daging bandeng dikeluarkan dibumbui terus dimasukkan kembali ke tubuh bandeng.  Beberapa daerah seperti Kab Bandung Barat, Sumedang, Cianjur, Cirebon juga ikut berpartisipasi dalam festival tersebut.

festivaljabar01

festivaljabar02

festivaljabar03

Dari kalangan pendidikan, fakultas teknologi fangan Universitas Pasundan ikut menyemarakan acara tersebut. Mereka menawarkan cake rendah kalori karena gulanya berasal dari jagung.

Saya beli 1 botol mullberry seharga Rp 7.500, 1 esktrak kacang  harganya relatif mahal 25 ribu untuk 150 mg, 1 sosis bandeng seharga 15.000 rupiah. Selain acara indoor, di luar gedung / taman juga dilaksanakan perlombaan membuat pengananan,  mewarnai, penilaian kemasan yang paling baik serta festival makanan jajanan di Banung. Panggung hiburan dan bincang-2 dengan nara sumber yang sukses sebagai pengusaha makanan.

Sebelum pulang, saya mampir dulu ke BMK (Baso Malang Karapitan) di atasnya Platinum Cafe masih di Ciwalk untuk mencicipi soto betawi.

SMS Nyasar, Bikin Perang Gaza Pindah Ke rumah :)

“D3MI BUL4N akU cNta km, D3MI BINT4N6 akU syn9 km, D3MI L4N6IT akU sUk4 km, D3MI M4L4M akU r1ndU km, D3MI TUH4N akU sLh k1r1m, Ha…ha…ha…”

Saya bacakan sms itu di depan mantan pacar saya alias istri saya, kalimat demi kalimat saya bacakan di depan istri saya. Kalimatnya memang bikin panas hati pasangan. Bisa-2 perang Gaza pindah ke rumah. Tapi saya bilang tenang dulu, ini kalimat terakhirnya Demi Tuhan Aku salah kirim. 😀 😀 . Saya ketawa ngakak. Ada-2 aja org iseng. Saya yakin ini sms tidak dikirim via HP, ngapain boros-2in pulsa. Kayaknya via web dengan layanan kirim sms gratis. No pengirimnya +6285295345xxx

459xx

Extreme Kuliner, Makan Ikan Hiu

Siang tadi ada yang ngajak makan-makan. Temen yang lain mengusulkan untuk mencoba extreme kuliner, makan ikan hiu. Boleh dicoba tuh! Akhirnya kami bertiga meluncur ke cafe Niagara, di Jalan Geger Kalong, deket pertigaan Setiabudhi. Tempatnya tidak terlalu besar tapi lumayan nyaman. Sebelum duduk, Kami disuruh memilih ikan yang sudah ditempatkan di banyak baki yang isinya berbagai jenis ikan laut yang tidak umum yang sebagian besar sudah dipotong-potong dan ada label harganya untuk masing-2 ikan. Jadi ikannya tidak semua utuh seperti di Rumah Makan Sulawesi yang mempunyai ukuran S, M , dan L.

Kami putuskan untuk memilih 2 Hiu Bidadari, 1 Etong, 1 Barracuda. Setelah duduk-duduk kami pesen minuman 2 jus Dragon Slim (buah naga) dan 1 lemon dan tambah Cah kangkung.

Beberapa saat kemudian pesanan datang. Tidak perlu dikomando lagi, kami bertiga langsung menyantapnya. Ikannya gurih juga. Seratnya agak besar-besar.
Pengalaman pertama nih, menikmati ikan hiu. Pengalaman yang tidak bisa dilupakan 🙂

ikan_hiu

nasi_niagara

dragon_slim

Abis Nonton Terminator Makan Steak Chiba

Ada beberapa steak yang terkenal di Bandung. Mulai dari kaki lima yang di Jalan Cilaki sampai resto  Swis yang di jalan Riau atau Atmosphere di Jalan Lengkong Besar. Waktu hari Sabtu kemarin sehabis nonton Terminator trus jalan-2 ke IP mo nyari pemantik di Ace Hardware. Karena dua kali punya pemantik murahan gak awet.  Sampe di sana barangnya habis.  Muter-2 di IP nggak kerasa udah mo malam. Akhinya diputuskan untuk makan di Steak Chiba yang lokasinya berdekatan dengan IP.

Sampai di Steak Chiba yang berlokasi di Jalan Dr. Rum dan termasuk cafe steak tertua di Bandung,  saya langsung buka menu. Saya cari menu yg rada aneh. Ketemu Entrecote Cafe the Paris. Dan ternyata itu menu steak yang favorit. Isinya Kentang bakar dan mixed vegetable. Istri saya pesen yang lain tapi lupa namanya.

deparis
Entrecote Cafe the Paris

steakchiba